Google Siapkan Update Android 12.1, Berikut Tambahan Pembaruannya

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Jakarta, Selular.ID – Kabar sebelumnya menyebutkan, beberapa hal menarik tentang pembaruan tambahan yang akan datang untuk Android 12, kemungkinan disebut Android 12.1.

Dalam temuanya itu meskipun masih terbatas ada kesan ditujukan untuk meningkatkan pengalaman ponsel yang dapat dilipat. Hal ini tentu langsung mengarahkan pada niatan Google yang seperti diketahui sebelumnya telah memiliki perangkat ponsel lipat pertamanya.

Laporan sebelumnya tidak mengungkap seperti apa tambahan pembaruan itu masih belum banyak terungkap, kini informasi terbaru dari Android Police menyebutkan pembaruan pertama yang mencolok adalah pengalaman layar lebar untuk ponsel dan tablet yang dapat dilipat sangat meningkat.

Antarmuka baru memanfaatkan lebih baik layar besar dan bahkan menyertakan bilah taskbar di bawah untuk navigasi yang membuat kegiatan multitasking lebih mudah, mirip dengan sistem operasi desktop.

Selain itu lockscreen juga dibagi dua untuk menampilkan jam di satu sisi dan notifikasi di sisi lainnya. Pengguna juga bisa menempatkan keyboard untuk memasukkan PIN atau password di sisi kiri atau kanan layar agar bisa diakses dengan satu tangan secara lebih mudah.

Android 12.1 juga dirancang untuk memudahkan membuka aplikasi secara split-screen. Di menu recent apps akan ada jalan pintas baru yang bisa dipilih untuk membuka aplikasi dalam mode split-screen.

Selain itu, Google tampaknya sedang mempersiapkan ponsel lipatnya sendiri, yang kemungkinan akan disebut “Pixel Fold”.

Sebelumnya, Google memang dirumorkan tengah menggarap smartphone layar lipat besutannya yang disinyalir bakal resmi hadir di penghujung akhir tahun 2021. Tak tanggung-tanggung, kabarnya Google bakal menyuguhkan dua varian smartphone foldable sekaligus.

Laporan yang terlebih dahulu beredar dari Tipster Evan Blass, mengungkap bahwa Google akan meluncurkan ponsel lipat pada akhir 2021 dengan nama kode “Passport”. Sekarang, tersiar kabar baru yang menyebutkan bahwa Google juga sedang dalam tahap pengembangan smartphone Pixel lipat kedua dengan nama kode Jumbojack.

Pada varian Jumbojack tersebut, disinyalir bahwa handset ini bakal mengusung desain layar ganda yang menggabungkan layar eksternal yang lebih kecil dengan layar lipat internal yang lebih besar, dan itu memiliki kemiripan dengan smartphone lipat buatan Samsung.

Baca Juga:Android 12.1 Dirancang Khusus Untuk Ponsel Lipat?

Sayangnya, masih belum terendus sedikitpun terkait bocoran mengenai layar, sketsa gambar, ataupun jadwal pasti peluncuran ponsel lipat Google versi Jumbojack ini.
Beralih ke smartphone foldable dengan nama kode “Passport” yang sebelumnya telah dibocorkan oleh pembocor terkenal bernama Evan Blass, dikatakan bahwa perusahaan telah mengerjakan smartphone baru ini selama lebih dari dua tahun.

Jadi, kemungkinan memang penggarapan ponsel lipat Google versi “Passport” bisa jadi bakal segera rampung dan jadwal peluncuran yang dirumorkan bakal jatuh di akhir tahun 2021 kemungkinan memang benar adanya.